Wednesday, July 05, 2006

Kerajaan Mataram punah terkubur lava Merapi

Melihat chart asal-usul Kerajaan Mataram Kuno - Silsilah Keturunan Nyi Melati dari sumber Sayyid Faridhal Attros Al Kindhy Asy'ari, ada beberapa hal menarik:
  1. Kerajaan Balungkara, yg didirikan kakek Raja pertama Mataram, yaitu Sanghyang Barkala Wastu pada tahun 547M, memang terletak di Gn Merapi.
  2. Kemudian saat cucunya, yaitu Bardasana, mendirikan Kerajaan Mataram pada tahun 732M di Medangkamulan. Pastilah ini disekitar Gn Merapi, nggak bakalan jauh dari tempat kakeknya.
  3. Pada waktu Samaratungga selesai membangun Boobudur pada tahun 850M, juga menyelenggarakan pernikahan putrinya, yaitu Pramodhawardani dengan Rakai Pikatan, pada saat yg sama. Jadi dia meresmikan Borobudur dengan emngundang para tokoh2 saat itu, sambil juga mengadakan pernikahan putrinya.
  4. Raja terakhir Mataram adalah Wawa (924-929M) dan digantikan oleh Mpu Sindok dari Wangsa Isyana ke Jawa Timur dan mengganti nama dari Mataram menjadi Kerajaan Medang. HAl ini tampaknya akibat dari punahnya Mataram karena terendam Lava, saat Gn Merapi meletus tahun 932M. Bukti lain bisa dilihat Candi Sambisari yang terendam lebih dari 20 meter.

Ucing sim kuring

Ucing sim kuring

About Me

Me? Nah, nothing interesting. just read my blog!