Wednesday, July 05, 2006

Nyi Melati - tokoh yg terlupakan


Pernah ke Kotagede? Iya, Jogja!

Sebelumnya, tempat ini hanyalah hutan yang disebut Alas Mentaok, yang diberikan kepada Panembahan Senopati oleh Sultan Pajang karena Senopati telah membantu menyelamatkan Pajang. Pada tahun 1575, Panembahan Senopati, yang menjadi raja Mataram Islam yang pertama, membangun kawasan ini dan menetapkannya sebagai kota ibukota.

Kotagede menjadi ibukota hingga tahun 1640. Setelah itu raja ketiga Mataram Islam, Sultan Agung memindahkan ibukota ke Desa Kerto, Plered-Bantul. Ibukota baru ini terletak sekitar 6 km di sebelah barat Kotagede. Menurut ceritanya, pemindahan ini dengan alasan untuk mendapatkan kekuatan dan kejayaan yang lebih besar secara mistis. Sekarang tinggal sedikit saja barang peninggalan dan bangunan penting Mataram Islam yang masih tersisa di kota tua ini. Beberapa di antaranya adalah makam kerabat Pangeran Senopati, dinding dan fondasi salah satu pendapa (ruang depan kerajaan), dan Sendang Selirang - sebuah kolam tempat mandi keluarga kerajaan. Ketiga peninggalan sejarah ini terletak di dalam suatu halaman tertutup, bersama dengan masjid kraton Kotagede, di sekitar 200 m ke arah selatan pasar tradisional Kotagede.

Nah di bagian selatan, di luar tembok pemakaman teletak pemakaman Nyi Melati. Sebetulnya bukan pemakaman, tapi dianggap sebagai pemakaman. Tak banyak orang yg tahu Nyi Melati, bahkan warung disana, terheran-heran kok kami ini tahu Nyi Melati.

Info yg ada mengatakan bahwa dia adalah tokoh sakti, semacam ibu dari Raja-raja Mataram yang ada di dalam pemakaman Kota Gede. Muncul pula cerita macam2, kenapa pemakaman Nyi Melati terletak di luar tembok.

Padahal, Nyi Melati memang adalah Ibu dari Raja Mataram pertama, yaitu Bardasana. Nah bingung kan? Iya, Mataram Hindu, bukan Mataram Islam. Mataram ini didirikan Bardasana pada tahun 732, berlokasi di Medangkamulan.

Heran lagi kan tahu info dari mana? Nih saya tempelkan saja, silsilah lengkap tentang keturunan Raja-raja Mataram Kuno. [DILARANG MENGUTIF TANPA IJIN UNTUK KEPERLUAN APAPUN]. Hanya untuk info saja, FYI only!!!

Ucing sim kuring

Ucing sim kuring

About Me

Me? Nah, nothing interesting. just read my blog!